31 Agustus 2017, Pusat Penjaminan Mutu menyelenggarakan whorkshop pembelajaran berkualitas. Whorkshop ini merupakan kegiatan akhir dari program kerja PPM 2016–2017 yang bertujuan memberikan pemahaman tentang Integrasi Riset dalam pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Riset, Roadmap Penelitian, dan memberikan whorkshop mengenai Pembelajaran Berkualitas.  Whorkshop ini diselenggarakan selama satu hari bertempat di Ruang Abdoel Radjab gedung Multikultural lantai 2 yang diawali dengan sambutan ketua PPM masa bakti 2013 – 2017 Dr. Ninik Indawati, M.Pd., dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua PPM baru masa bakti 2017–2021 Dra. Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd.

Dalam kegiatan ini, dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh Dr. Luciana Spica Amilia, S.E., M.SI., QIA, CPSAK dari STIE Perbanas Surabaya (Prodi Akuntansi). Sesi kedua diisi oleh Bapak Burhanudin dari STIE Perbanas Surabaya. Sesi ketiga whorkshop yang meliputi: 1) pembuatan Designing Research-based Teaching; 2) presentasi hasil Designing Research-based Teaching oleh peserta whorkshop.

Dr. Luciana menyampaikan materi berjudul ”Pembelajaran Berkualitas” dengan topik bahasan, meliputi: 1) pembelajaran berbasis riset; 2) roadmap penelitiN; 3) buku ajar, buku teks, dan buku diktat. Berikutnya Bapak Burhanudin lebih mengarah pada ”Research Based Teaching”. Penjabaran materi tersebut meliputi: 1) kebutuhan kolaborasi pengajaran dan penelitian; 2) pengajaran berbasis penelitian; 3) implementasi pengajaran berbasis penelitian.

Pembukaan Whorkshop ini dihadiri dua pemateri dari Bapenas, ketua PPM lama dan baru berserta jajarannya. Adapun peserta whorkshop sebanyak 63 orang yang terdiri dari:Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Wakil rektor4, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan, Sekretaris Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, KPM, GKM, dan PPM di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang.

Beberapa hal yang menjadi catatan hari hasil workshop adalah; 1) dalam implementasi Research Based Teaching (RBT), kurikulum prodi juga harus berbasis riset; 2) dosen harus memiliki prior penelitian untuk mengimplementasikan reaserch kolaborasi, diperlukan kebijakan dari lembaga; 3) ketika menerapkan RBT, universitas harus mempunyai lulusan yang berkualitas;4) dosen wajib memiliki roadmap penelitian.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan whorkshop ini, setiap dosen mempunyai roadmap penelitian yang nantinya akan dibagikan kepada penelitian mahasiswa. Pada saat penutupan, dilakukan penyerahan cinderamata kepada kedua pemateri oleh ketua PPM Unikama, Sri Rahayu, M.Pd.

Whorkshop Pembelajaran Berkualitas