Bukan haimg-20161123-wa0004l baru bagi Pusat Penjaminan Mutu Universitas Kanjuruhan Malang dalam menerima kunjungan dari universitas lain. Pada 19 Nopember 2016 kembali PPM Unikama mendapat kunjungan, kali ini dari Universitas Trunojoyo yang diwakili oleh Mohammad Arief . Bertempat di ruang PPM, kedatangan Mohammad Arief disambut dengan hangat oleh ketua PPM Unikama, Ninik Indawati bersama tim PPM Unikama. Kunjungan tersebut dalam rangka bertukar informasi mengenai penjaminan mutu di kedua universitas.

Dalam acara dsikusi, Arief menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai prosedur kerja Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan pemberlakuan sertifikat ISO 9001:2008. Pada kesempatan tersebut, Ninik menyampaikan bahwa penjaminan mutu Unikama berjalani sejak tahun 2006, sedangkan ISO 9001:2008 berjalan sejak tahun 2008. Tentu saja membangun penjaminan mutu yang baik tidak semudah yang dibayangkan, jatuh bangun mewarnai perjalanan dalam membangun penjaminan mutu. Kuncinya adalah komitmen disemua lini untuk membangun sistem penjaminan mutu yang solid. Membangun komitmen tersebut tentu berpijak pada prosedur-prosedur kerja yang dibuat dari tingkat Universitas sampai di unit-unit kerja terkait. Namun dari proses itu semua manfaat penjaminan mutu sangat dirasakan di kegiatan akademik maupun tata layanan, dan utamanya saat akan dilakukannya akreditasi, semua menjadi lebih mudah dengan adanya penjaminan mutu.

Pada akhir acara diskusi, Arief mengucapan terima kasih atas penyambutan PPM Unikama, dan mengharapkan dapat melanjutkan interaksi agar memperoleh detail informasi yang sangat berharga dari pengalaman PPM Unikama dalam menerapkan SPMI danISO 9001:2008. Menutup acara diskusi ini, Arief mengharapkan kedatangan tim PPM Unikama ke Universitas Trunojoyo sebagai lanjutan dari kunjungannya.

Kunjungan dari Universitas Trunojoyo, Madura
WhatsApp chat