Dalam rangka kroscek kegiatan ISO 9001:2008 pada bidang pelayanan yang dilakasanakan di Universitas Kanjuruhan Malang, pada tanggal 5-6 September 2016 dilakukan survaillance yang dilakukan oleh PT DQS Indonesia. Audit eksternal yang dilakukan oleh Ir. Hariadi Alim, MM tersebut untuk melihat kembali apakah Universitas Kanjuruhan masih berkomitmen dalam pelaksanaan ISO 9001:2008. Unit-unit pelayanan yang diaudit antara lain: (1)Biro Administrasi Akademik yang terdiri atas bagian pengajaran, bagian registrasi dan statistik, dan bagian evaluasi pelaporan, (2) Biro Administrasi Umum yang terdiri dari bagian umum, bagian keuangan, bagian kepegawaian, dan bagian perlengkapan, (3) Laboratorium Komputer dan Internet, (4) Laboratorium microteaching, (5) Laboratorium bahasa dan LAC, dan (5) Perpustakaan.
Saat ini Universitas Kanjuruhan Malang mempersiapkan audit untuk Program Studi dan Fakultas. Hal tersebut dilakukan dalam peningkatan pelayanan di seluruh lini baik di bidang akademik maupun pelayanan administrasi. Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, saat ini PPM bersama ISO sedang melakukan kaji ulang dokumen yang sedianya akan dijadikan pedoman dalam peningkatan mutu berkelanjutan tersebut. Dengan adanya peningkatan mutu tersebut diharapkan prestasi Universitas Kanjuruhan baik di bidang akademik maupun pelayanan akan semakin meningkat baik di tingkat nasional.