UNIKAMA – Belum lama (17/07/2019) ini telah dilakukan kegiatan penyelarasan dokumen SPMI untuk menyamakan persepsi guna penyelesaian dokumen SPMI Unikama. Dengan membahas Dokumen SPMI Universitas Kanjuruhan Malang yang terdiri dari dokumen Standar Nasional Pendidikan, Standar Nasional Penelitian, Standar Nasional Pengabdian pada Masyarakat dan Standar Tambahan.

Kali ini Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali gelar workshop Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kemarin (04/09/2019) di ruang G7 dan G8 diikuti oleh 85 peserta yang berasal dari Fakultas, Program Studi (prodi) dan beberapa Unit terkait. Dengan tiga pemateri dan delapan fasilitator yang semua berasal dari tim PPM. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi. Sebelum mengikuti kegiatan peserta diminta untuk meyiapkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penjaminan mutu internal setiap unit.

Dalam sambutannya Rektor Unikama menyampaikan bahwa Setiap semester Pusat Penjaminan Mutu (PPM) akan melakukan audit, baik fakultas, prodi, maupun unit harus selalu meningkatkan kinerjanya melalui Program Kerja (proker). Dari dokumen yang telah disusun dan diwujudkan dalam bentuk program kerja maka, akan mudah mengetahui tercapai atau tidaknya mutu tersebut, jelas Dr. Pieter Sahertian, M.Si

Dalam Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi atau SPM Dikti dijelaskan bahwa penjaminan mutu Pendidikan Tinggi adalah kegiatan systemic untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Selain itu, Pasal 52 Ayat 4 Undang-Undang Dikti menjelaskan bahwa SPMI Dikti didasarkan pada pangkalan data Pendidikan Tinggi, dengan demikian maka semua Perguruan Tinggi di Indonesia berkewajiban menjalankan SPM Dikti sesuai dengan khas Perguruan Tinggi masing-masing sehingga, dapat dikembangkan budaya mutu di Perguruan Tinggi.

“Sangat perlu menyelenggarakan workshop di tingkat Universitas, Fakultas, dan Prodi dan bersyukurnya di tingkat Universitas Kanjuruhan Malang sudah terlaksana, tujuannya untuk membantu seluruh personil pelaksana SPMI merancang dokumen SPMI dan mewujudkan ketersediaan dokumen SPMI di lingkungan Unikama,” ungkap Dr. Sri Rahayu, M.Pd sebagai Kepala PPM.

Dalam kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen SPMI yang terdiri dari dokumen kebijakan SPMI, dokumen manual SPMI, dokumen standar dalam SPMI dan formulir yang digunakan dalam SPMI.

Gelar Workshop SPMI, Unikama Ingin Tingkatkan Kualitas Kinerja