Selasa, 23 Juni 2020, Pusat Penjaminan Mutu Unikama menyelenggarakan workshop penyusunan manajemen risiko. Workshop ini merupakan tindak lanjut dari penyusunan dokumen SPMI Unikama yang bertujuan memberikan pemahaman tentang standar SPMI berbasis risiko. Workshop ini diselenggarakan secara virtual yang diawali dengan sambutan ketua Pusat Penjaminan Mutu Dr. Sri Rahayu, M.Pd.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh seluruh Direktur, Wakil Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, dan KPM serta GKM di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang. Dalam kegiatan ini diisi oleh pemateri internal, Irma Tyasari, SE., S.Pd., MM., Ak., CA., CPA., CRA., Ph.D sebagai pemateri tunggal. Beliau menyampaikan materi dengan judul ” Standar SPMI Berbasis Resiko Universitas Kanjuruhan Malang” dengan topik bahasan, meliputi: 1) Daftar Risiko; 2) Matrik Manajemen Risiko; 3) Proses manajemen risiko; 4) Identifikasi Potensi Risiko, Dampak dan Peluang Risiko, Level Risiko, Efektivitas; 5) Format dan PP Manajemen Risiko

Beberapa hal yang menjadi catatan dari hasil workshop adalah: 1) Manajemen risiko sebagai kegiatan terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi berkaitan dengan risiko; 2) tujuan manajemen risiko adalah untuk memastikan semua risiko yang dihadapi dapat dikelola dengan efektif, efisien dan bersifat komprehensif (integral) agar visi,misi dan sasaran organisasi dapat tercapai dan sesuai dengan prinsip – prinsip Manajemen Risiko; 3) kegunaan matriks risiko dapat memberikan gambaran mengenai resiko mana saja yang perlu diprioritaskan, menunjukkan potensi kemungkinan dan dampak dari sebuah resiko dibandingkan dengan resiko- resiko lain, dan menjadi landasan untuk menentukan risk treatment yang tepat untuk resiko tersebut.

Kegiatan workshop ini ditindaklanjuti dengan pemberian Bimbingan Teknis penyusunan Manajemen Risiko di tingkat Fakultas Universitas Kanjurhan Malang. Bimtek dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni 2020 sampai 8 Juli 2020 dengan pemateri Irma Tyasari, SE., S.Pd., MM., Ak., CA., CPA., CRA., Ph.D dan didampingi oleh Tim PPM Dr. Sri Rahayu, M.Pd., Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd., Romia hari Susanti, M.Pd., dan Ika Meviana, M.Pd.

 

Harapannya setelah mengikuti kegiatan workshop dan Bimtek ini, setiap unit SPMI dapat mengidentifikasi dan menysun dokumen daftar risiko di unit masing – masing.

Workshop dan Bimtek Penyusunan Manajemen Risiko